Oleh: Irwansyah Batubara, M. Pd
Abstrak: Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dirasakan sulit oleh banyak siswa. Hal ini dikarenakan objek matematika yang abstrak, sehingga siswa sulit memahaminya. Dengan demikian pembelajaran matematika perlu diusahakan sesuai dengan kemampuan kognitif siswa, mengkongkritkan objek matematika yang abstrak sehingga mudah dipahami siswa. Dari pengalaman peneliti dalam mengajar selama ini, banyak siswa yang sulit memahami materi turunan. Untuk itu perlu diadakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan objek penelitian siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 8 Takengon Tahun Pelajaran 2015/2016. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, dan tes kepada objek penelitian. Data yang diperoleh dari observasi dan hasil tes akhir dianalisis dengan cara analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi turunan terjadi peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa pada aspek koneksi antar topik dari nilai rata-rata 6,52 pada siklus I menjadi 6,75 pada siklus II , koneksi dengan displiln ilmu pada siklus I 6,65 menjadi 6,89 pada siklus II dari koneksi dengan dunia nyata siswa/ kehidupan sehari-hari nilai rara-rata 6,70 pada siklus I menjadi nilai rata-rata 7,20.pada siklus II
Kata kunci: Cooperative Tipe NHT, Turunan
Download: Publish_Irwansyah_Batubara