MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN

MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN.

 Oleh: Zuyyina, M.Pd*

Kendala yang dihadapi, tidak semua guru memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugasnya. “Hal itu ditunjukkan dengan kenyataan: (1) guru sering mengeluh kurikulum yang berubah-ubah, (2) guru sering mengeluhkan kurikulum yang sarat dengan beban, (3) seringnya siswa mengeluh dengan cara mengajar guru yang kurang menarik, (4) masih belum dapat dijaminnya kualitas pendidikan sebagai mana mestinya”.

Masalah yang lain yaitu masih ditemukan adanya guru yang tidak bisa memperlihatkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat dengan alasan ketinggalan di rumah dan bagi guru yang sudah  membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) masih ditemukan adanya guru yang belum melengkapi komponen tujuan pembelajaran dan penilaian (soal, skor dan kunci jawaban), serta langkah-langkah kegiatan pembelajarannya yang masih kurang. Soal, skor, dan kunci jawaban merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan pada  komponen penilaian.

Tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru dalam proses dan hasil pembelajaran adalah dengan cara meningkatkan profesionalisme guru dalam kegiatan proses belajar mengajar yang efektif melalui bimbingan berkelanjutan.

Disimpulkan bahwa berdasarkan dari tindakan yang dilakukan menunjukkan ada peningkatan hasil kerja guru dengan menampilkan kesiapan mengajar, kesiapan menguasai teknik mengajar. Pemberdayaan guru dalam menyusun rencana kegiatan harian akan menghasilkan kegiatan guru yang efektif dalam proses pembelajaran dan terjadi peningkatan prestasi belajar siswa.

Download Artikel:Jurnal-Pendidikan-CEDING-Vol2No2 


*Kepala Madrasah Aliyah Swasta Ulumul Qur’an Aceh Tengah

Related Posts